29Jul 2018

Jadikan MOS sebagai Ajang Edukasi

IMG-20180723-WA0082

Yogyakarta_MOS (Masa Orientasi Siswa) merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan bagi siswa baru. Karena, banyak perubahan dari masa peralihan TK menuju MI yang harus di kenalkan pada anak-anak. Masa orientasi siswa ini diadakan sebagai upaya untuk memperkenalkan pada siswa mengenai hal-hal baru, baik yang berupa lingkungan fisik, lingkungan sosial, maupun isi cara belajar yang berbeda dengan lingkungan pada jenjang pendidikan sebelumnya.

Di MI Wahid Hasyim MOS yang dikenal dengan sebutan MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik) sebagai ajang edukasi yang dibalut dengan cara-cara kreatif dan inovatif sehingga siswa gembira dan senang

MOPD dilaksanakan dalam waktu 3 Hari dari tanggal 17 hingga 19 Juli 2018.
MOPD ini bertujuan menanamkan nilai religiuitas dan edukasi pada siswa, setiap paginya siswa diarahkan untuk sholat dhuha secara berjamaah dan diisi dengan lomba-lomba yang tentunya bernilai edukasi.

Pada hari pertama, tanggal 17 Juli diawali dengan acara pembukaan masa orientasi dan diakhiri pembuatan yel-yel pada tiap kelompok yang sudah terbagi, tujuannya adalah untuk meramaikan selama MOPD. Di hari pertama, anak-anak terlihat sangat bersemangat karena hari pertamanya masuk Madrasah Ibtidaiyah. Selain itu, para orangtua siswa juga beramai-ramai mengantarkan anaknya ke sekolah. “Sesuai dengan imbauan pemerintah bahwa setiap orangtua ikut mengantarkan anaknya di hari pertama sekolah , sebagai upaya mendekatkan diri orangtua dengan anaknya, serta menjadi bagian penting dalam pendidikan antara orangtua dengan anak,”

IMG-20180723-WA0084

Pada hari kedua, 18 Juli
ada beberapa perlombaan yang bernilai edukasi,
seperti permainan susun kata. Permainan ini mengajarkan anak berpikir cepat dalam membentuk kata dari beberapa huruf, kemudian permainan estafet kelereng cara memainkannya ketua kelompok maju kedepan untuk mengambil kelereng dan surat pendek yang akan dibacakan, setiap peserta wajib melanjutkan ayat yang dibacakan sambil membawa kelereng tanpa terjatuh. Jika kelereng jatuh, wajib mengulang dari awal dan permainan asyik lainnya. Pada hari kedua, siswa terlihat sangat berantusias sekali mengikuti lomba, semua terlihat gembira dan aktif.

IMG-20180723-WA0083

Hari ketiga, tanggal 19 Juli
Dihari terakhir para siswa diperkenalkan dengan guru-guru, kemudian diajarkan mengucapkan ikrar santri, menyanyikan Mars Madrasah dan pembagian hadiah sekaligus penutupan acara MOPD

Diharapkan setelah adanya kegiatan masa orientasi peserta didik ini, semua siswa menjadi pribadi yang religius dan semangat dalam belajar. ( Aulianurrahma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *