27May 2018

Latih siswa Sungkem dan buat Ketupat pada Penutupan DOREMI 1439 H.

PicsArt_05-27-12.05.38

 

 

 

 

 

 

Hari Sabtu, 26 Mei 2018. Seluruh kegiatan Pesantren Ramadhan (PESRAM) / DOREMI (Romadon Bareng MI WH) 1438 H. di MI Wahid Hasyim Yogyakarta resmi ditutup. Acara tersebut di ikuti seluruh siswa-siswi baik dari Kelas 1 Sampai Kelas 5. Serta di ikuti seluruh Bapak/Ibu Guru, Staff MI Wahid Hasyim. Dan juga dihadiri oleh Pengawas Madrasah, Ibu Sri Wahyuni, MA.

Kegiatan PESRAM dilaksanakan pada tanggal 1-10 Ramadhan, selama 10 Hari tersebut para siswa/santri di isi dengan program unggulan di madrasah ini, yakni Tahfidzul Qur’an, Akhlakul Karimah, Bahasa Asing, dan diselingi dengan game edukasi Jelajah 4 pilar Wahid Hasyim. Pada kegiatan Doremi tahun ini juga di adakan Imtihan Madrasah Diniyah (Madin) bagi santri takhasus.

PicsArt_05-27-12.06.54

Pada penutupan Pesram Doremi kali ini, di isi dengan pelatihan sungkem kepada orang yang lebih tua. Dan juga pelatihan membuat Ketupat. Harapanya dengan dua pelatihan tersebut. Siswa-siswi mampu mempraktekkan Sungkem dan membuat ketupat di Hari Raya Idul Fitri nanti. Hal ini penting karena untuk melestarikan budaya jawa yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai sopan santun kepada orang yang lebih tua yang sudah perlahan menghilang di tengah arus modern seperti saat ini.

PicsArt_05-27-12.02.00

Kegiatan Pesram yang rutin dilakukan setiap tahunnya, berharap di bulan Ramadhan ini membuat anak termotivasi dan membiasakan dalam berakhlak Karimah, membaca dan menghafalkan Al Qur’an, mempraktekkan bahasa asing dengan baik. Selain itu juga di laksanakan kegiatan tadarus Al -Qur’an dan juga Taraweh berjamaah pada malamnya. ujar Pak Sahrul selaku ketua Panitia.

Setelah penutupan ini, siswa/santri diperbolehkan pulang ke rumahnya masing-masing untuk melanjutkan kegiatan-kegiatan ibadah Bulan Ramadhan di rumah. untuk itu perlu pengawasan dari orangtua agar ikut andil dalam mengawasi setiap kegiatan anaknya selama libur ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *