Kamis, 21 Mei 2020

PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI MI WEHA



PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI MI WEHA


Pembiasaan sholat dhuha di MI Wahid Hasyim sudah di terapkan dan sudah menjadi program harian yang harus di ikuti oleh seluruh siswa. Hal ini bertujuan agar siswa memiliki kebiasaan gemar melakukan ibadah sunnah, yakni salah satunya adalah sholat dhuha. Dengan adanya pembiasaan sholat dhuha secara rutin, maka di harapkan agar semua siswa bisa melatih keistiqomahan dalam beribadah.

Pembiasaan sholat dhuha merupakan salah satu  langkah strategis untuk membentuk karakter siswa. Dengan pembiasaan sholat dhuha ini, di harapkan agar siswa memiliki pendidikan karakter yang tanpa adanya tuntutan sehingga siswa dapat mengaplikasikan pembiasaan sholat dhuha ini dengan kesadaran diri. Pembiasaan sholat dhuha ini merupakan upaya yang di laksanakan madarasah untuk mengoptimalkan output mental siswa yang memiliki karakter. Madrasah mengharapkan pembiasaan sholat dhuha ini dapat menumbuhkan karakter yang baik pada pribadi siswa, sehingga bisa mewujudkan moslem generation future leader. Hal ini sudah di buktikan dengan penanaman karakter kepemimpinan  yang dilakukan oleh siswa yakni dengan mempraktekan menjadi imam sholat dhuha.



Kegiatan Sholat dhuha secara bersama-sama atau berjamaah sudah rutin di laksanakan setiap hari sebelum dilakukan kegiatan BTA ( Baca Tulis Al-Qur’an). Hari senin, sholat dhuha dilakukan setelah upacara bendera atau apel yakni pada pukul 07.30-08.00 WIB dan hari selasa sampai jum’at pukul  pukul 07.00-07.30 WIB, dan hari sabtu setelah senam bersama yakni 07.30-08.00 WIB. Sholat dhuha di lakukan dengan jumlah 4 rakaat 2 salam.  Kegiatan sholat dhuha dilaksanakan di mushola MI sendiri. Pembiasaan sholat dhuha ini di ikuti oleh seluruh siswa-siswi MI Wahid Hasyim dari kelas 1-6 dan bapak ibu guru secara bergiliran sesuai jadwal  pendamping sholat dhuha di tiap harinya.
Dampak pembiasaan sholat dhuha terhadap pembentukan karakter sangat baik terlihat pada perilaku produktif, juga kedisiplinan dan penanaman akhlak yang sesuai dengan salah satu program unggulan MI Wahid hasyim yakni Akhlakul karimah.

MI

ADMIN

MOSLEM GENERATION FUTURE LEADER

0 komentar: