Rabu, 13 Mei 2020

PELAYANAN MI WAHID HASYIM DALAM PEMBELAJARAN DARING


PELAYANAN MI WEHA TERHADAP SISWA YANG TERKENDALA PEMBELAJARAN DARING


Oleh : Ibnu Rosidi, M.Pd
Salah satu Guru MI WEHA memberikan pelayanan pada wali/siswa yang tidak bisa mengiuti  UKK (Ujian Kenaikan Kelas ) secara  daring.


Yogyakarta- Work from home (WFH) adalah bentuk imbauan pemerintah dalam rangka menghentikan penyebaran pandemi Covid-19. WFH ini diberlakukan hampir pada semua lembaga termasuk di dalamnya lembaga pendidikan. Siswa/siswi dan guru tetap melaksanakan KBM seperti biasanya, hanya saja dilakukan pada ruang ruang terpisah di rumah masing- masing. Sepintas lalu mungkin kita mengira pekerjaan ini gampang untuk dilakukan; dengan cukup punya fasilitasnya seperti HP dan kuota serta jaringan yang mendukung, maka kegiatan ini pasti mudah dan bisa dilakukan.
Guru, siswa, bahkan orang tua harus bisa untuk beradaptasi secara cepat dengan metode ini. Memang, di tengah situasi yang seperti ini, metode daring dirasa solusi yang paling tepat untuk dilakukan. Meski sekolah diliburkan, tetapi tuntutan dalam proses pembelajaran masih dapat terlaksana dan tercapai. Namun, jika dalam kondisi normal, banyak celah kekurangan dari metode daring ini. Di antaranya tidak semua anak sama dalam hal kepemilikan fasilitas seperti HP; banyak di antara para siswa yang hanya memiliki HP, sebutlah HP biasa. Selain itu jika pun ada HP, keterbatasan kuota dan jaringan yang kurang mendukung juga menjadi kendala.
Salah satu kendala yang dihadapi MI WEHA  dalam proses pembelajaran daring yaitu ada siswa yang tidak mempunyai  akses smartphone. Seperti yang disampaikan bapak Sukron Muzamil, S.H selaku kepala Madrasah MI WEHA sebagai berikut :
" Sementara kendalanya masih ada beberapa siswa MI WEHA  yang tidak mempunyai HP (smartphone) , guna memastikan siswanya yang tidak memiliki HP  tetap bisa mengikuti pembelajaran dari rumah di tengah pandemi virus korona (covid-19). Salah satunya guru  dengan mendatangi rumah siswa langsung”.
Dalam rangka menangani masalah siswa yang terkendala HP dan dalam rangka  mewujudkan pelayanan pendidikan terbaik terhadap siswa, MI WEHA melakukan kunjungan silaturahmi langsung kerumah siswa (Orang tua)  untuk memastikan siswa tetap menerima pelajaran baik secara langsung  maupun tidak langsung. ( By : Ibnu Rosidi, M.Pd)







MI

ADMIN

MOSLEM GENERATION FUTURE LEADER

0 komentar: